Kamis, 13 Oktober 2011

Isu Tsunami Yang Beredar Resahkan Masyarakat Bali

Isu BBM Hoax

Isu BBM yang gak ada sumbernya (ilustrasi)

Ada saja ulah-ulah oknum tak bertanggung jawab yang menyebarkan berita bohong. Berita tersebut saya terima melalui BBM (BlackBerry Messenger) yang isinya kurang lebih seperti ini: “Waspada, alarm tsunami di Pantai Kuta sudah berbunyi. Pray for Bali.. Mari kita berdoa bersama.”. Ada juga yang berbunyi: “..Skrg alarm tsunami di Kuta udah nyala. Buat sodara yang punya temen ato sodara di Bali bantu brodcast ya.”

Benarkah akan terjadi tsunami di Bali?
Saya sendiri tak tahu pasti apakah alarm di Kuta memang berbunyi. Tapi dari kedua brodcast BBM yang saya terima tadi, tak ada link sumber website yang valid. Kalau ga ada sumbernya, bisa jadi itu ulah oknum yang sengaja menyebarkan isu hoax.

Menurut situs terkemuka seperti detik, inilah, antaranews dan okezone, BMKG menyatakan bahwa gempa berkekuatan 6,8SR yang terjadi sekitar pukul 11.20 waktu Bali tak berpotensi tsunami. Siapa yang mengatakan tak berpotensi tsunami? Orang tersebut ialah Suhardjono Kepala Bidang Pusat Gempa Bumi BMKG.

Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB (Badan Penanggulangan Bencana Nasional) mengatakan hal yang sama, yakni gempa bali yang berpusat di Nusa Dua itu tak akan menimbulkan tsunami.

Nah, apakah kedua bukti tersebut tak cukup untuk mengatakan isu tsunami itu adalah HOAX alias bohong? Saya tambahkan lagi, saya pentengin televisi lokal Bali (DewataTV & TVRI Bali), daritadi tak ada berita yang menyatakan Bali akan tsunami. Yang ada cuma berita tak akan tsunami. Kalopun benar, mungkin saya tak akan sempat menulis berita ini karena lokasi saya juga di Denpasar, Bali.

Sekarang, siapa yang menyebarkan berita hoax tersebut? Siapapun orangnya, yang pasti akibatnya banyak yang khawatir.

Mungkin si penyebar berita ingin agar kita waspada, tak ada salahnya kan?
Waspada memang perlu, tapi bukan hanya terhadap tsunami, tapi juga terhadap gempa susulan yang mungkin masih akan terjadi. Menurut teori, sesudah gempa pasti akan ada gempa susulan meski dengan skala yang biasanya lebih kecil.

Dan, biasakan untuk mengecek keabsahan berita apapun sebelum Anda menyebarluaskannya.

Artikel Terkait:

luxboy 13 Oct, 2011


--
Source: http://gugling.com/2011/10/13/isu-tsunami-yang-beredar-resahkan-masyarakat-bali/
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar