Jumat, 14 Oktober 2011

Kekuatan Militer Cina Makin Menyeramkan

Kapal-Induk-China

Kapal Induk Cina yang bikin resah AS

Setidaknya itulah pikiran dari Pentagon. Pentagon merasa kestabilan Asia-Pasifik bisa terancam dengan kemajuan militer China yang sebanding dengan percepatan ekonominya.

Menurut Michael Schiffer, skala investasi militer China dan percepatan pertumbuhan ekonomi membuat militer Cina mencapai level tertentu yang dikhawatirkan meningkatkan resiko salah paham, ketegangan kawasan dan ketidakstabilan militer kawasan.

Pejabat Pentagon untuk Asia Timur itu juga menyatakan militer Beijing bisa mengatasi sengketa dengan kekuatan militernya. Memang, data membuktikan Cina mengalami kemajuan teknologi pesat yang membuatnya tak tertinggal dalam beberapa hal, terutama militer.

Perkataan Michael tak sekadar kekhawatiran biasa. Data mengenai pertumbuhan militer Cina didapat dari laporan tahunan yang dikeluarkan saat Cina sedang melakukan uji coba kapal induk dan pesawat J20 stealth yang baru.

Menanggapi isu Cina yang bakal merusak keseimbangan, Cina menganggap laporan AS itu lebay.

Cina memang menyeramkan. Bayangkan saja, menurut data, Cina tak hanya mengembangkan sayap militer, tapi juga di segala aspek seperti internet dan luar angkasa. Cina disebut-sebut tak ingin aset angkasa luar dikuasai musuh saat terjadi konflik.

Beberapa situs AS dan sistem komputer menjadi sasaran hacker yang ternyata berasal dari Cina. Dan kesimpulan dari laporan tahunan tersebut ialah penekanan bahwa penguatan hubungan militer Cina-AS sangat penting. Sebelumnya, hubungan AS-Cina dibekukan Cina pada 2010 karena AS terbukti menjual senjata ke Taiwan.

Apakah ini berarti Pentagon merasa kedudukannya terancam Cina?

Terbanyak Dikomentari:

luxboy 14 Oct, 2011


--
Source: http://gugling.com/2011/10/14/kekuatan-militer-cina-makin-menyeramkan/
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar